Mendengkur dan Lelah Sepanjang Waktu, Bisa Jadi Karena Ini

Bila teman sekamar atau pasangan Anda mendengkur, Anda berpikir ia mungkin sedang kelelahan. Namun studi terbaru mengungkapkan bisa jadi penyebabnya adalah lingkungan di sekitar rumah Anda sendiri.

Dari hasil pengamatan terhadap 12.000-an orang, peneliti dari Bergen University, Norwegia menemukan 25 persen responden pria dilaporkan mendengkur sedikitnya tiga kali dalam sepekan.

Begitu ditelusuri, ternyata sebagian besar dari mereka tinggal di dekat jalan raya dengan tingkat polusi udara yang tinggi. Makin besar paparan polusinya, makin tinggi pula peluang responden untuk mendengkur.

Menurut peneliti, ini karena mereka terpapar partikel racun yang terkandung dalam gas pembuangan mesin kendaraan bermotor.

"Yang kami tahu mereka yang sering terpapar asap rokok sekunder memang lebih rentan mendengkur, ternyata begitu kami amati orang-orang yang tinggal di dekat jalan raya, efek yang sama juga terlihat," tandas peneliti, Ane Johannessen.
tips tidur mendengkur
tidur mendengkur


Namun dari hasil studi ini, ia dan timnya kemudian mencoba menduga bahwa polusi udara dapat memicu kebiasaan mendengkur karena bisa masuk ke dalam saluran pernapasan dan mengakibatkan peradangan di dalamnya.

Menariknya, efek tinggal dekat jalan raya terlihat berbeda bagi pria maupun wanita. Bagi pria akan muncul kebiasaan mendengkur tadi, sedangkan seperempat responden wanita mengaku sering lelah dan mengantuk sepanjang hari karena hal itu.

Peneliti menduga karena polusi suara atau bising. "Bisa juga karena para istri terganggu dengan suara dengkuran suaminya sehingga tidurnya ikut terganggu," imbuhnya seperti dilaporkan Mirror.

Meski begitu, Johannessen mengingatkan efek polusi dari jalan raya pada satu populasi dengan lainnya bisa saja berbeda, sehingga membutuhkan riset tersendiri.

Prof Stephen Holgate dari European Respiratory Society mengaku sepakat dengan temuan ini. Bahkan ia mengatakan bahwa tinggal di dekat jalan raya yang padat dan berpolusi udara tinggi memang sama buruknya dengan menghisap 10 batang rokok dalam sehari.


#tips #sehat #tidur #dengkur #snore

sumber : detik health

No comments

Powered by Blogger.